Senin, 17 April 2017

10 Kompetensi Dasar Yang Harus Dimiliki Seorang Pendidik



10 Kompetensi Dasar Yang Harus Dimiliki Seorang Pendidik


Guru atau sebagai seorang tenaga kependidikan, dituntut untuk profesional dalam bidang kependidikan, disamping memahami hal-hal yang bersifat filosofis dan konse
ptual, guru juga harus mengetahui dan melaksanakan hal-hal yang bersifat teknis. berikut ini adalah beberapa kompetensi yang harus dimiliki seorang guru :

  1. Menguasai bahan Ajar dalam hal ini guru harus menguasi dua ruang lingkup penguasaan materi : a). Menguasai bahan bidang studi dalam kurikulum sekolah.  b). menguasai bahan pengayaan /penunjang bidang studi.
  2. Mengelola Program Belajar-Mengajar guru yang kompeten juga harus mampu mengelola program belajar-mengajar. dalam hal ini ada beberapa langkah yang harus ditempuh seorang pengajar.
    • Merumuskan tujuan instruksional/pembelajaran
    • mengenal dan dapat menggunakan proses instruksional yang tepat.
    • melaksanakan program belajar-mengajar.
    • mengenal kemampuan anak didik
    • merencanakan dan melaksanakan program remedi.   
  3. Mengelola Kelas untuk mengajar suatu kelas, guru dituntut mampu mengelola kelas, yakni menyediakan kondisi yang kondusif untuk berlangsungnya proses pembelajaran.
  4. Mengguanakan Media/Sumber berikut adalah beberapa langkah yang harus diperhatikan seorang guru dalam hal menggunakan media : guru harus mengenal, memahami, dan membuat alat-alat yang sederhana supaya mudah dimengerti oleh peserta didik.
  5. Menguasai landasan-landasan Pendidikan pendidikan adalah serangkaian usaha untuk pengembangan bangsa, pengembangan bangsa itu akan dapat diwujudkan secara nyata dengan usaha menciptakan ketahanan nasioanal dalam rangka mencapai cita-cita bangsa.
  6. Mengelola Interaksi Belajar-Mengajar dalam ha ini guru dituntut untuk mampu membuat sebuah interaksi edukatif antara murid dan guru, maupun dari murid dengan murid. 
  7. Menilai Prestasi Siswa untuk kepentingan pengajaran tenaga kependidikan dalam hal ini harus mampu mengumpulkan data, menganalisa, dan menggunakan data hasil belajar siswa sebagai tolak ukur dalam proses pengajaran.
  8. Mengenal fungsi dan program bimbingan dan penyuluhan disekolah  dalam hal ini guru juga berperan sebagai seorang penyuluh atau konselor, sehingga kegiatan interaksi belajar mengajar menjadi lebit tepat dan produktif.
  9. Mengenal dan menyelengarakan administrasi sekolah.
  10. Memahami Prinsip-prinsip dan menafsirkan hasil penelitian pendidikan guna keperluan pengajaran.

itu lah beberapa kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang tenaga kependidikan. semoga seluruh tenaga kependidikan di negara kita menjadi guru yang Profesional dan dapat memberikan suritauladan yang baik pada peserta didiknya. amin...


Tidak ada komentar: